Pemilik blog dunia19mantan adalah seorang dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Kamis, 22 Agustus 2019

Bimbingan Teknis Building Information Modelling (BIM)



Building Information Modeling (BIM) adalah salah satu teknologi di bidang AEC (Arsitektur, Engineering dan Construction) yang mampu mensimulasikan seluruh informasi di dalam proyek pembangunan ke dalam model 3 dimensi. Pemanfaatan teknologi Building Information Modeling (BIM) ini sudah tidak asing lagi bagi industri AEC di dunia, termasuk di Indonesia.
Selama perjalanannya, BIM telah mendapatkan respon yang positif dari masyarakat mengingat keuntungan yang ditawarkan di bidang AEC. Dengan menerapkan BIM dalam dunia konstruksi, baik bagi developer, konsultan maupun kontraktor akan mampu menghemat waktu pengerjaan, biaya yang dikeluarkan serta tenaga kerja yang dibutuhkan. Perlahan-lahan BIM mulai diaplikasikan di masing-masing sektor.

Buidling Information Modelling (BIM) merupakan sebuah sistem, cara dan prosedur yang sudah diterapkan dalam bidang perencanaan, proses konstruksi dan pengelolaan proyek baik di luar negeri  maupun dibeberapa konsultan, kontraktor dan BUMN besar di Indonesia, bahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga sudah menerapkan teknologi BIM ini. 

Salah satu tugas dari Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR yaitu melakukan pembinaan dalam Bidang Jasa Konstruksi di Indonesia. Fokus pembinaan jasa konstruksi pada tahun 2019 adalah Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya untuk persiapan menghadapi Revolusi Industri 4.0 bidang konstruksi yang saat ini dihadapi. Persiapan ini diawali dengan peningkatan kompetensi dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis Building Information Modelling (BIM). Pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Building Information Modelling (BIM) dilaksanakan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar. Kegiatan ini berlangsung Selasa s.d. Kamis 20 - 22 Agustus 2019 di Hotel Grand Claro, Kota Kendari dan dibuka langsung oleh Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar.

Maksud dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan pengenalan Aplikasi Tekla Structure dan Tekla BIMsight sebagai salah satu aplikasi Building Information Modeling (BIM) pada pekerjaan bidang sipil.

Tujuan yang ingin dicapai dari dilaksanakan pelatihan komputer aplikasi ini adalah :
  1. Mengenalkan pentingnya penguasaan teknologi informasi dan komputer di bidang konstruksi sipil saat ini.
  2. Memberikan pelatihan dasar penggunaan aplikasi BIM, dalam hal ini aplikasi Tekla Structure dan Tekla BIMsight kepada disiplin ilmu sipil yang dapat digunakan untuk membantu proses pekerjaan.
Dalam bimbingan teknis tersebut, Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar menghadirkan instruktur dari Universitas Diponegoro Semarang yang juga merupakan seorang dosen teknik sipil Riqi Radian Khasani, S.T., M.T.  dengan materi yang diberikan :
  • Steel Structure Model (Base Plate Connection)
  • Overview BIM
  • Steel Structure Model (Column Beam Connection)
  • Steel Structure Model (Clash Crack and Numbering)
  • Steel Structure Model (Drawing and Detail Drawing)
  • Concrete Structure Model (Input Member/Column and Beam)
  • Final Project - Combination of Concrete and Steel Structure Model
  • Final Test.

Gambar 1. Sesi Foto Bersama saat Pembukaan Acara
Bimbingan Teknis Building Information Models (BIM)




Gambar 2. Sesi Foto Bersama dengan Peserta Bimbingan Teknis, 
Instruktur, dan Panitia Pelaksana


Gambar 3. Instruktur (tengah, red) dan Peserta Pelatihan BIMTEK asal Instansi 
Universitas Sembilanbelas November Kolaka 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar